Loading...

Rabu, 12 Oktober 2011

Resep Entok Bumbu Ijo

Ini adalah resep masakan favorit saya. Di kesempatan kali ini saya ingin berbagi tentang resep masakan ini yang barangkali bisa Anda coba dirumah. Tapi sebelumnya, ijinkanlah saya sedikit menerangkan judul/nama dari masakan ini yang mungkin agak aneh di telinga Anda.

"Entok atau Mentok atau Enthok atau Entog adalah hewan sejenis bebek yang termasuk dalam keluarga unggas. Di beberapa tempat lain mungkin menyebutnya Basur, Itik Manila. Dalam bahasa Inggris disebut Muscovy Duck atau Barbary Duck.

Kenapa menggunakan Entok?
Selain masakan kelihatan unik, daging entok memiliki volume lebih banyak setelah dimasak (tidak seperti itik petelur/bebek yang mengalami penyusutan). Selain itu daging entok tidak terlalu berbau seperti bebek.
Entok yang saya pilih adalah entok jantan yang berusia dibawah 1 tahun (muda) karena serat dagingnya tidak begitu keras dibanding entok betina atau entok yang berusia lebih dari satu tahun.

Nah, sekarang jika hewan ini dijadikan sebuah masakan Anda pasti penasaran untuk mencobanya. Berikut resepnya saya bagikan untuk anda:



Untuk 8 Porsi

Bahan yang dibutuhkan:
1 ekor Entok (potong jadi 8 bagian)
1/2 kg Cabe Hijau Besar / Teropong (belah dan buang isinya)
150 gr Bawang Merah
50 gr Bawang Putih
2 helai Bawang Pre (potong tipis)
2 butir Kemiri
1/2 sendok teh Terasi
Sereh dan Daun Salam secukupnya
Santan
Cara Pembuatan:
  • Rebus cabai hijau yang sudah dibuang isinya dalam air mendidih sampai layu. (ini untuk menghilangkan rasa pedas pada cabai). Setelah itu angkat, tiriskan.
  • Tumis semua bahan (kecuali sereh dan salam) diatas pan sampai kecoklatan dan keluar aroma. Angkat, biarkan dingin lalu haluskan (bisa diblender atau di-uleg manual).
  • Panaskan kembali bumbu yang sudah halus agar warna hijaunya muncul kembali. Angkat, sisihkan.
  • Bersihkan entok lalu kasih sedikit sayatan agar bumbu dapat meresap.
  • Siapkan air untuk merebus, masukkan entok beserta sedikit bumbu tadi ke dalam air. Aduk rata, lalu taruh diatas kompor. Ungkep/masak dengan api sedang selama 2-3 jam. (ini bagian yang sangat penting -> lihat penejelasan saya di bawah resep ini). Sambil sesekali Anda lihat jangan sampai over cooking sehingga dagingnya tidak sampai hancur. Jika daging sudah empuk/tender angkat dan langsung tiriskan.
  • Di wajan tumis sisa bumbu ijo tadi, tambahkan sereh, daun salam, dan air/kaldu sedikit lalu masukkan entok yang sudah masak tadi. Tambahkan santan, aduk pelan agar santan tidak pecah. Bumbui sesuai selera, lalu masak sebentar agar bumbu tercampu/meresap rata.
  • Angkat dan siap dihidangkan.
Penjelasan saya:
  1. Entok dan bumbu dimasak mulai dari air dingin, ini adalah salah satu cara agar entok bisa empuk dengan sendirinya dan bumbu bisa meresap sempurna. (karena jika dengan air yang sudah mendidih, maka pori-pori daging akan langsung tertutup sehingga daging sulit empuk dan bumbu tidak meresap).
  2. Jika ingin variasi: goreng entok bumbu ijo tersebut dengan tepung (buat entok kremes).
  3. Sajikan bersama Nasi Uduk (panas) dan Sambal Ijo. ----> resep selanjutnya.
SELAMAT MENCOBA...

 






Tidak ada komentar:

Poskan Komentar